Membuat autorun pada CD atau media penyimpan yang lain

Pernahkah Anda melihat sebuah CD yang ketika dimasukkan ke CD-ROM drive akan langsung melakukan auto run yang secara otomatis akan menampilkan menu atau sebuah dokumen pada CD yang Anda masukkan tersebut di layar monitor Anda?

Belum pernah? :-) Jangan khawatir, karena nantinya saya akan mengajak Anda untuk dapat membuat auto run sendiri melalui artikel ini. Tetapi bagi Anda yang memang gemar mengkoleksi CD, pasti satu diantaranya terdapat CD yang ketika dimasukkan ke komputer langsung akan melaksanakan perintah auto run. Nah, apakah Anda penasaran dan ingin tau bagaimana sih proses pembuatannya?

Caranya mudah kok. Sama seperti kalau Anda memburning/melakukan proses pengkopian ke kepingan CD dengan menggunakan CD-RW drive (bukan CD-ROM drive lho!). Hanya saja, Anda perlu menambahkan beberapa "file tambahan" supaya CD tersebut dapat melakukan auto run.

Langsung saja, caranya adalah:

1. Siapkan dokumen yang akan kita masukkan ke CD

Sebagai contoh Anda boleh mencoba membuat dokumen/file presentasi di Microsoft Powerpoint. Gunakanlah file berformat *.pps (jangan yang berformat *.ppt) agar presentasi Anda nantinya tampil secara full screen/layar penuh. Pada contoh ini, saya membuat nama filenya adalah toha.pps

baca selengkapnya dengan download di sini